Ingin Pandai Bermain Gitar ikuti 7 Tips ini

Gitar. Alat musik petik satu ini memang cukup populer di kalangan anak muda. Sudah nggak diragukan lagi deh bagaimana kerennya orang yang sedang bermain gitar. Wajahnya terlihat syahdu, jarinya-jarinya juga lentik memainkan lagu. Kurang keren apalagi coba? Pantas saja semua orang berlomba-lomba ingin bisa memainkan alat musik ini.
Tapi, kekerenan yang ditimbulkan ini nggak datang dengan instan, lho. Demi mempelajari alat musik satu ini ada beberapa orang yang bahkan rela merogoh kocek demi ikut kursus dan belajar langsung dari ahlinya.
Eits, tapi jangan khawatir dulu. Buat kamu yang ogah atau tak ada budget buat kursus, gitar bisa dipelajari sendiri kok. Asal tekun dan telaten, kamu juga bisa semahir mereka yang kursus di tempat ternama. Ingin bisa juga? Nih, Putri kasih bocoran tipsnya!

1. Sebagai langkah awal, kamu harus tahu posisi bermain gitar yang pas dan nyaman untukmu

Sebelum mulai berlatih, penting bagimu untuk mengetahui bagaimana posisi bermain dan cara memegang gitar yang benar.
  • Duduklah di kursi dengan nyaman. Tegakkan punggung dan bahumu.
  • Dekatkan badan gitar ke perut dan dadamu. Lalu pegang bagian leher gitar dengan tangan kiri membentuk huruf V ibu jari di bagian belakang dan 4 jari sisanya di depan.
  • Tahan badan gitar dengan bantuan kaki kananmu. Kemudian, coba tekan-tekan senar secara asal, mulai dari pelan hingga cepat, untuk melatih keseimbangan.
Cobalah terus posisi memegang gitar ini setiap 5 menit sekali untuk membiasakan dan menyeimbangkan diri. Di awal-awal, punggung dan bahumu mungkin akan terasa sakit. Tapi setelah terbiasa, rasa sakit itu nggak akan muncul lagi, kok.

2. Pelajari cara menyetel senar pada gitar. Kalau masih clueless jangan ragu minta bantuan teman

Nggak semua senar gitar langsung mengeluarkan suara merdu saat dipetik, apalagi baru pertama kali dibeli. Untuk itu, senar gitar perlu di-tuning atau disetel supaya tegangannya pas dan menghasilkan suara yang merdu saat dipetik.
Nah, sebagai pemula, belajar bagaimana cara tuning senar gitar itu penting lho, karena bisa membuat telingamu terbiasa mendengar nada yang tepat. Caranya:
  • Ketahui nama-nama senar. Dari atas (yang paling tebal) ke bawah (yang paling tipis) urutannya adalah E, A, D, G, B, dan E.
  • Atur tuner (putaran yang ada di kepala gitar) sesuai dengan kebutuhanmu. Kalau menginginkan nada yang tinggi, kencangkanlah senar gitarmu. Tapi kalau menginginkan nada rendah, putar saja tuner-nya sampai senar mengendur dengan tepat.
Kencang atau kendurnya senar ini sangat mempengaruhi nada yang akan dihasilkan. Tepat atau tidaknya nada yang dihasilkan bisa kamu ketahui sendiri jika sudah terbiasa mendengarnya. Nah, untuk awalan, kamu bisa minta bantuan temanmu yang sudah mahir untuk mengajarkan bagaimana cara tuning yang tepat. Usahakan kamu hanya minta bantuannya sekali ini saja. Untuk itu, perhatikan dengan baik supaya berikutnya kamu sudah bisa tuning senarmu sendiri.

3. Sekarang saatnya belajar memetik senar. Cari tahu kunci-kunci dasar dalam gitar dan cobalah memainkannya secara tepat

Sudah bisa tuning sendiri? Berarti sekarang saatnya kamu mencari tahu kunci-kunci dasar dalam memainkan gitar. Ada A, Am, B, Bm, D, Dm, E, Em, C, dan juga G. Setiap kuncinya, memiliki cara sendiri untuk dimainkan dan dipetik. Misalnya, saat akan memainkan nada A, hanya senar D-G-B saja yang ditekan dan senar A-D-G-B-E (bagian bawah) saja yang dimainkan atau digenjreng. Senar E paling atas nggak perlu ikut kamu mainkan.
Pengetahuan dasar semacam ini setidaknya sudah kamu ketahui dulu sebelum mulai belajar memainkan kunci-kunci. Kalau bisa, kamu catat sekalian dibuku khusus latihan bermain gitar supaya nggak lupa.

4. Mulailah berlatih memainkan kunci-kunci dasar. Lakukan secara intensif sampai jarimu terbiasa dan kian lihai


Setelah mencatat semua kunci dasar yang perlu dikuasai, sekarang saatnya kamu mencoba memainkan kunci ini. Ini langkahnya:
  • Belajarlah menekan senar pada fret atau logam tegak lurus yang ada di leher gitar. Pastikan kamu hanya merasakan getaran di jari yang menekan senar saja.
  • Mulailah memainkan kunci dasar yang sudah kamu catat. Pilih dari yang menurut kamu termudah, misalnya kunci A karena masih berada dalam 1 ruas yang sama.
  • Jangan asal genjreng saja. Usahakan kamu bisa menghasilkan nada yang merdu dan jernih.
  • Kalau sudah berhasil memainkan 1 kunci dengan jernih, kamu baru boleh berganti memainkan kunci yang lainnya.
Ulangi langkah-langkah tersebut untuk memainkan kunci yang lain. Jika sudah bisa semua, jangan langsung buru-buru ingin memainkan lagu. Berlatihlah lagi selama 1 minggu secara tekun supaya kamu semakin hafal letak kuncinya dan jarimu semakin lihai dalam memainkannya.

5. Supaya kepercayaan dirimu terbangun, cobalah mainkan kunci sambil mengobrol atau menonton TV

Namanya juga masih belajar, wajar kalau kamu sering merasa takut salah. Jadinya, kepalamu selalu menunduk dan terfokus pada pergerakan jari-jari tanganmu, deh. Sebenarnya, kebiasaan seperti ini jangan kamu biarkan karena bisa mengurangi rasa percaya diri untuk memainkan gitar.
Coba deh kamu berlatih memainkan kunci sambil mengobrol atau menonton TV. Perhatianmu akan teralihkan dan nggak lagi terfokus pada pergerakan jari-jari. Cara ini juga bisa melatih jari-jari untuk lebih lihai lagi lho dalam memainkan kunci-kunci gitar.

6. Sebagai awalan, pilih 1 lagu dengan kunci dasar yang mudah lalu pelajari lagu ini dengan tekun

Jarimu sudah mulai lihai dalam memainkan dan berpindah-pindah kunci? Berarti, sekarang saatnya kamu berlatih memainkan sebuah lagu dengan utuh.
Selama ini, mungkin kamu punya 1 buah lagu favorit yang ingin sekali kamu kulik. Tapi jangan terburu-buru harus memainkan lagu tersebut. Ingat, kamu masih belajar. Pilih dulu lagu yang mudah dengan kunci-kunci dasar supaya jarimu lebih terbiasa, misalnya lagu Tak Pernah Padam milik Sandhy Sondhoro atau lagu Lupa-Lupa Ingat milik Kuburan Band. Keduanya termasuk lagu yang mudah dan bisa kamu tekuni sebagai awalan.

7. Saat sudah merasa lancar, tunjukkan permainanmu di hadapan teman dekat atau keluarga. Mintalah komentar, saran, dan kritik yang jujur dari mereka

Saat sudah merasa berhasil memainkan 1 buah lagu, coba deh kamu tunjukkan permainanmu ini di hadapan keluarga atau teman terdekat. Nggak perlu merasa malu. Feedback berupa komentar, saran, dan kritik yang jujur dari mereka sangatlah kamu perlukan sebagai evaluasi.
Kalau menurut mereka permainanmu sudah baik, kamu bisa mulai berlatih lagu lain dengan kesulitan yang 1 tingkat lebih tinggi. Tapi kalau masih dirasa kurang, latihlah lagi dirimu dalam memainkan lagu tersebut dan tampilkan kembali di hadapan keluarga atau teman dekatmu.
Langkah ini perlu untuk kamu ulang setiap kali sudah berhasil memainkan 1 buah lagu secara utuh. Feedback yang kamu dapatkan dari mereka begitu penting. Bukan hanya untuk evaluasi, tetapi juga melihat sejauh mana permainanmu sudah berkembang.

 

 

 

Komentar

Postingan Populer