PENGERTIAN DAN DEFINISI INTERNET

Pengertian Internet




Internet adalah singkatan dari Interconnection Networking yang artinya seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket (Packet Switching Communication Protocol) untuk melayani pengguna di seluruh dunia ini menurut [Wikipedia].
Untuk mengatur integrasi dan komunikasi jaringan komputer ini harus menggunakan protokol yaitu TCP (Transmission Control Protocol) yang bertugas untuk memastikan bahwa semua hubungan bekerja dengan benar, sedangkan IP (Internet Protocol) yang mentransmisikan data dari satu komputer ke komputer lain. TPC/IP secara umum berfungsi memilih rute terbaik transmisi data, memilih rute alternatif jika suatu rute tidak dapat di gunakan, mengatur dan mengirimkan paket-paket pengiriman data.
Jika melihat dari sejarah perkembangannya, Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Amerika pada tahun 1969 melalui proyek ARPANET (Advanced Research Project Agency Network) di mana mereka menampilkan bagaimana hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang sangat jauh melalui saluran telepon.



Pengertian Internet Secara Umum

Pengertian internet secara umum adalah sebuah sistem komunikasi mendunia yang dapat menghubungkan antar komputer serta jaringannya di seluruh dunia. Logika sebagai jaringan laba-laba (web) yang menyelimuti bola dunia dan terdiri dari titik-titik yang saling terhubung.



Pengertian Internet Menurut Para Ahli




Menurut Onno W. Purbo (2005)

Pengertian menurut seorang pakar internet asal Indonesia, menjelaskan bahwa Internet berbagai aplikasinya seperti Web, VoIP, E-mail pada dasarnya merupakan media yang digunakan untuk mengefesiensikan proses komunikasi.




Menurut tim penelitian dan pengembangan wahana komputer (2005)

Internet adalah metode untuk menghubungkan berbagai komputer ke dalam satu jaringan global melalui protokol yang disebut Transmission Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP).




Menurut Lani Sidharta (1996)

Walaupun secara fisik Internet adalah interkoneksi antar jaringan komputer namun secara umum Internet harus dipandang sebagai sumber daya informasi. Isi Internet adalah informasi yang dapat dibayangkan sebagai suatu database atau perpustakaan multimedia yang sangat besar dan lengkap. Bahkan Internet dipandang sebagai dunia dalam bentuk lain (dunia maya) karena hampir seluruh aspek kehidupan di dunia nyata ada di Internet seperti komunitas, bisnis, hiburan, olah raga, politik dan lain sebagainya.




Menurut Drew Heywood (1996)

Menerangkan sejarah Internet bermula pada akhir 60-an saat United States Department of Defense (DoD) memerlukan hal baru untuk komunikasi Internetworking. Yaitu yang mampu menghubungkan segala jenis komputer di (DoD) dengan komputer milikkontraktor militer organisasi penelitian dan ilmiah di universitas. Jaringan ini harus kuat, aman dan tahan kerusakan sehingga mampu beroperasi dalam kondisi minimum akibat bencana atau perang.




Menurut Strauss, El-Ansary, Frost (2003)

Internet adalah seluruh jaringan yang saling terhubung satu sama lain. Beberapa komputer-komputer dalam jaringan menyimpan file, seperti halaman web yang dapat diakses oleh seluruh jaringan komputer.




Menurut O'Brien (2003)

Internet merupakan jaringan komputer yang berkembang pesat dari jutaan bisnis, pendidikan, dan jaringan pemerintahan yang saling berhubungan.




Menurut Allan (2005)

Internet adalah sekumpulan jaringan komputer yang saling terhubung secara fisik dan memiliki kemampuan untuk membaca dan menguraikan protokol komunikasi tertentu yang disebut Internet Protocol (IP) dan Transmission Control Protocol (TCP). Protokol adalah spesifikasi sederhana mengenai bagaimana komputer saling bertukar informasi.






Komentar

Postingan Populer