Alat Output Komputer (speker)

Mengenal Alat Output Komputer

Dalam dunia komputer, input/output (I/O) mengacu pada komunikasi antara komputer dan pengguna. Sebagaimana dijelaskan dalam artikel alat input dikatakan bahwa Input adalah data yang dimasukkan atau dikirim ke sistem, sedangkan output adalah data yang dikirim keluar oleh sistem. Pengertian output Device adalah perangkat keras komputer yang digunakan untuk mengkomunikasikan hasil pengolahan data yang dilakukan oleh komputer untuk pengguna. Ada beberapa perangkat, yang menghasilkan data dalam bentuk yang berbeda mencakup salinan audio, video atau hardcopy. Alat output komputer adalah jenis perangkat keras peripheral terkoneksi, yang terhubung ke komputer, baik menggunakan kabel atau melalui jaringan wireless. Suatu hal yang terpenting jika anda memiliki komputer desktop, laptop, super komputer, dll, Anda akan membutuhkan setidaknya satu perangkat output komputer.


Speaker
Speaker adalah perangkat output  yang terhubung ke sound card komputer, yang menghasilkan output data yang dapat didengar melalui speaker. Data audio yang dihasilkan oleh komputer dikirim ke soundcard, kemudian menerjemahkan data menjadi sinyal audio, kemudian dikirim ke salah satu speaker atau headphone. Pada awalnya  komputer memiliki speaker on-board, yang menghasilkan serangkaian nada beep. Ketika popularitas game multimedia dan komputer semakin berkembang, speaker komputer berkualitas tinggi beredar dipasaranperangkat keras komputer.

Speaker komputer merupakan piranti yang kedudukannya hampir tidak bisa dipisahkan lagi dengan komputer. Sebab, speaker memiliki peran penting dalam mengeluarkan hasil pemrosesan dari perangkat pemroses yang berupa suara. Tentu, kebanyakan pengguna komputer menyukai musik atau video sehingga membutuhkan speaker untuk mendukung keinginan tadi. 

Image source: Google Images

Speaker komputer dapat berfungsi sebagaimana mestinya apabila didukung perangkat keras bernamakan sound card atau pemroses audio/suara. Sementara untuk modelnya, speaker memiliki beragam bentuk, fitur dan juga ukuran. Dari beberapa ulasan pengantar tadi, dapat disimpulkan bahwa speaker komputer merupakan perangkat keras output yang berfungsi mengeluarkan hasil pemrosesan oleh CPU berupa audio/suara.

Selanjutnya mari membahas mengenai fungsi speaker komputer. Dalam konteks komputerisasi, speaker memiliki fungsi sebagai alat untuk mengubah gelombang listrik yang mulanya dari perangkat penguat audio/suara menjadi gelombang getaran yaitu berupa suara itu sendiri. Proses dari perubahan gelombang elektromagnet menuju ke gelombang bunyi tersebut bermula dari aliran listrik yang ada pada penguat audio/suara kemudian dialirkan ke dalam kumparan.

Dalam kumparan tadi terjadilah pengaruh gaya magnet pada speaker yang sesuai dengan kuat-lemahnya arus listrik yang diperoleh maka getaran yang dihasilkan yaitu pada membran akan mengikuti. Dengan demikian, terjadilah gelombang bunyi yang dalam keseharian dapat kita dengar.

Menilik lebih lanjut mengenai speaker komputer, kali ini penulis akan membahas untuk bagian-bagian speaker komputer:



  1. Sekat rongga (conus). Berfungsi untuk menghasilkan gelombang tekanan yang diakibatkan oleh gerakan udara di sekitarnya dari pergerakan kumparan. Gelombang tekanan tersebutlah yang sehari-hari kita dengarkan sebagai suara.
  2. Membran. Berfungsi untuk menerima proses induksi dari magnet yang kemudian menghasilkan bunyi yang diakibatkan oleh getarannya (induksi).
  3. Magnet. Berfungsi melakukan induksi terhadap membran dan juga untuk menghasilkan medan magnet.
  4. Kumparan. Berfungsi mengalirkan energi gerak menuju ke conus atau sekat rongga. Perubahan yang terjadi dalam medan magnet speaker menyebabkan geraknya kumparan yang diakibatkan oleh interaksi antara kumparan dengan medan konstan magnet.
  5. Casing. Berfungsi untuk melindungi seluruh bagian dalam speaker. Model casing sendiri cukup beraneka ragam, seperti misalnya berbahan kertas, plastik, logam, ataupun bahan campuran yang disebut composite.

Demikianlah ulasan singkat mengenai pengertian perangkat keras speaker beserta fungsi sekaligus bagian-bagiannya. Semoga pembaca yang budiman dapat mengambil intisari sehingga memahami apa yang penulis jelaskan dalam tulisan ini. Tetap semangat belajar komputer dan semoga bermanfaat.



Komentar

Postingan Populer